Penyandang Tunanetra Ini Menjadi Sarjana Terbaik di Wisuda Sarjana ke-124

Meski memilik keterbatasan penglihatan, namun bagi Rayhan Naufalaldi Hidayat hal itu tak menyurutkan tekadnya meraih prestasi akademik. Buktinya ia berhasil menyandang predikat sebagai sarjana terbaik tingkat Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta.

Rayhan diwisuda sebagai sarjana S1 terbaik pada Wisuda Sarjana ke-124 yang digelar di Auditorium Harun Nasution, Sabtu (4/6/2022). Selain dirinya, ada sekira 80 sarjana terbaik lain yang hari itu diwisuda secara offline dari total 1.041 peserta wisuda.

Alhamdulillah, berkat belajar keras dan sungguh-sungguh saya berhasil meraih prestasi sebagai sarjana terbaik,” ujarnya seusai mengikuti acara wisuda.

Rayhan lulus dari Prodi Ilmu Hukum setelah menjalani sidang skripsi pada 25 Februari 2022 di bawah dua dosen pembimbing, yakni Dwi Putri Cahyawati dan Fathudin serta dua dosen penguji, yakni Sodikin dan Indra Rahmatullah.

Dari skripsi hasil penelitiannya berjudul Pemanfaatan Alat Bantu Coblos bagi Tunanetra dalam Pemilihan Umum Serentak 2019 di Jakarta Selatan, Rayhan pun diganjar Cumlaude dengan IPK 3,94. IPK tersebut merupakan nilai tertinggi di antara teman-teman satu jurusan di kampusnya.

Rayhan mengaku sangat bangga dengan hasil tersebut. Ia juga berterima kasih kepada semua dosen yang membimbingnya, termasuk teman-temannya.

Menurut dia, ada tiga hal yang paling berkesan selama belajar di UIN Jakarta. Pertama dengan pimpinan fakultas dan para dosen serta para tenaga kependidikan. Mereka dinilai telah berjasa dalam membimbing dan membentuk karakter pribadinya sehingga lebih bergiat belajar.

Kedua adalah organisasi kemahasiswaan, baik intra kampus maupun ekstra kampus, yang juga telah banyak membentuk karakter sehingga menjadi pribadi yang aktif. Lalu ketiga adalah teman-temannya yang selalu mendorong untuk berprestasi di tengah keketerbatasannya kini.

“Saya bersyukur berada di lingkungan kampus yang baik. Terima kasih kepada semuanya,” ujar Rayhan, yang lolos masuk UIN Jakarta lewat jalur Seleksi Nasional Prestasi Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) itu.

Prestasi Rayhan ternyata tak hanya sebatas capaiannya belajar di bangku kuliah dan penelitian skripsinya yang dinilai berbobot. Ia juga memiliki banyak pengalaman menulis di jurnal-jurnal ilmiah ilmu hukum terakreditasi.

Di antaranya adalah di Jurnal ‘Adalah (Jurnal Hukum dan Keadilan) terbitan Pusat Studi Konstitusi dan Legsilasi Nasional (Posko Legnas) Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta (2020), Jurnal Al-Adl (Jurnal Hukum) terbitan Fakultas Hukum Universitas Kalimantan, dan Jurnal Legal Brief terbitan Ihsa Institute (Institut Hukum Sumberdaya Alam) Sumatera Utara (2022).

“Ya alhamdulillah, saya memang suka dengan ilmu hukum. Untuk menulisnya kadang saya minta bantuan teman,” ucap pria asal Surabaya yang kini hijrah ke Jakarta itu. (ns)

Foto: Nanang Syaikhu

Berita dari laman UIN Jakarta
Penyandang Tunanetra Ini Menjadi Sarjana Terbaik di Wisuda Sarjana ke-124

Jurnal Inklusi Vol. 8 No. 2 (2021)

Silakan dinikmati!
Volume 8. Nomor 2. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/issue/view/279

Orientation and Mobility Skills of Children with Visual Impairment in Low-income Families in Central Uganda
Odette Tumwesigye Niyisabwa, Elijah Musenyente
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080201

Attitudes of Secondary School Science Teachers toward Teaching Diverse Students
Iva Nandya Atika, Norimune Kawai, Atsuhiko Funabashi
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080202

Pengalaman Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif dalam Menyediakan Pembelajaran Sains
Jamil Suprihatiningrum
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080203

Bacaan Alquran Orang dengan Hambatan Bicara:Perspektif Kelisanan Alquran
Muhammad Alwi HS
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080204

Sinergi Pendampingan sebagai Modal Pembelajaran Pendidikan Inklusif di PKBM Yogyakarta
Munifah Munifah, Bagus Ardiyansyah
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080205

Nalar Fikih Penghulu di Kota Malang dalam Saksi Nikah Tuli
Mukhammad Nur Hadi
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080206

Strategi Komunikasi Penanganan Perempuan Difabel Korban Kekerasan Seksual di SAPDA Yogyakarta
Tiara Apriyani, Lintang Ratri Rahmiaji
DOI : https://doi.org/10.14421/ijds.080207

Buku: Promoting Disability Rights In Indonesia

Judul: Promoting Disability Rights In Indonesia: Proceedings of the 2nd Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education
Editor: Dr. Arif Maftuhin
ISBN: 978-623-94189-0-8
Penerbit: PLD Press, 2020
Jumlah Isi: xvii + 300 halaman

Link unduh PDF gratis: http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/announcement/view/31

Daftar ISi

  • TEACHER ADAPTATION IN DEVELOPING COMPETENCIES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION UNIT WITH SPECIAL NEEDS
    M. Agung Hidayatulloh
  • INTRODUCING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE FOR AUTISM CHILDREN, WHY NOT?
    Aprilian Ria Adisti
  • THE USE OF FLASHCARDS TO IMPROVE COMMUNICATIONS ON USING PREPOSITIONS IN AUTISTIC CHILD
    Lilik Sriyanti, Uli Fatwati
  • ANALISIS ASESMEN PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
    Deby Indriani Rahmawan
  • IMPLEMENTASI HABITUAL LEARNING UNTUK PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA
    Ahmad Ahnaf Rafif, In’amul Hasan
  • SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING FOR DISABLED STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL
    Widyastuti
  • THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN INCLUSIVE SCHOOL
    Fiola Indah Putri Pratama, Sunardi, Herry Widyastono, Agus Kristiyanto
  • MODEL PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNARUNGU PADA MATA KULIAH TATA BUSANA
    Wahyu Eka Priana Sukmawaty
  • PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 10-13 DAN SURAT ABASA AYAT 1-10:
    Budi Agus Sumantri
  • DINAMIKA PERSEBARAN CRPD SEBAGAI NORMA HAM DISABILITAS DI INDONESIA
    Ramdan Lamato
  • EGALITARISME SOSIAL: Refleksi Kritis atas Moral-Compass Kebijakan Publik tentang Penyandang Disabilitas di Indonesia Pasca reformasi 1998
    M. Rodinal Khair Khasri
  • RESPONSIF DISABILITAS: Prioritas Kebijakan dalam sebuah Manajemen di Indonesia
    Putri Maydi Arofatun Anhar
  • TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN: Studi tentang Penerima PKH pada Kalangan Penyandang Disabilitas di Kota Surabaya
    Muvida Kartikasari, Bayu Priambodo
  • PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BONEKA BANTAL UNTUK ANAK DOWN SYNDROME DI DESA PANCIRO
    Shalsabila Ananda
  • DIFALITERA: Media Pengenalan Sastra Ramah Anak Tunanetra
    Ony Agustin Damayanti
  • PROSES OTHERING PADA PENYANDANG DISABILITAS DI KERATON YOGYAKARTA
    Aisyah Nur Amalia
  • AM I EXCLUDED BECAUSE I AM DISABLED? Pengaruh Ostracism terhadap Tingkat Kebutuhan Dasar Individu Penyandang Disabilitas
    Widyarta Mega Paramita, Unita Werdi Rahajeng, Slamet Thohari, Ersa Rizky Riyani, Puspita Kartikasari

Jurnal Inklusi Vol. 7 No.1 (2020)

INKLUSI EDISI TERBARU
Vol 7, No 1 (2020)
Fresh from the chef

Intervensi Kejelasan Berbicara Anak Tunagrahita Melalui Pemodelan Berbasis Video
Nurika Miftakul Janah
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1929

Freedom from Choice? The Rollout of Person-centered Disability Funding and the National Disability Insurance Scheme
Tania Hall, Tara Brabazon
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1971

Kekuasaan dalam Relasi Bahasa: Refleksi Pengalaman Penutur Bahasa Isyarat di Yogyakarta
Yogi Maulana Wahyudin
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1996

Ibu dan Politik Pengasuhan Anak Penyandang Disabilitas Intelektual
Anis Fitriyah
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/2059

Kekuatan Karakter Relawan Muda bagi Penyandang Disablilitas
Unita Werdi Rahajeng, Ika Widyarini, Ilhamuddin Ilhamuddin
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/2008

Perancangan Tactile Picture Book untuk Siswa Tunanetra di Sekolah Dasar
Nuriana Sekarlintang
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1835

Parenting Stress and Physical Abuse against Children with Disabilities
http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/2011

Buku PLD: Membangun Kampus Inklusif

Membangun Kampus Inklusif:Best Practices Penyelenggaran Unit Layanan Difabel
Penulis: Ro’fah, Andyani, Muhrisun
Penerbit: Pusat Studi dan Layanan Difabel
Tahun terbit: Oktober, 2010
Versi Full Text PDF: http://bit.ly/waqf05uld

Jika buku pertama kemarin, Inklusi pada Pendidikan Tinggi, berbicara tentang penyelenggaraan pendidikan yang adaptif terhadap tunanetra, buku ini lebih berbicara tentang Unit Layanan Difabel, yaitu unit yang melayani difabel di kampus. Mengapa bukan Pusat Studi dan Layanan Difabel?

(more…)

Buku PLD: Inklusi Pada Pendidikan Tinggi

Judul Buku: Inklusi Pada Pendidikan Tinggi: Best Practices Pembelajaran Adaptif Bagi Mahasiswa Difabel Netra
Penulis: Ro’fah, Andayani, Muhrisun
Penerbit: PSLD UIN Sunan Kalijaga, Pertuni, dan ICEVI2010
Full Text PDF: http://bit.ly/waqf04inklusiPT

Tahun 2007, ketika kami mendirikan PSLD, sudah ada lebih dari 20 mahasiswa Tunanetra di UIN Sunan Kalijaga. Meski bukan difabel pertama yang kuliah di UIN, mereka adalah rombongan pertama UIN yang inklusif.  mereka pula yang menjadi teman kami dalam mendirikan PLD. Pada saat kampus lain di Indonesia belum memikirkan pendidikan inklusif di perguruan tinggi, para difabel inilah yang menjadi guru kami semua tentang bagaimana merintis pendidikan tinggi yang inklusif.

(more…)

Keterampilan Tata Boga Bagi Siswa Autis di SMK Inklusif Kota Bandung

Kemandirian vokasional siswa autis dapat tercapai apabila program pembelajaran keterampilan disusun berdasarkan potensi dan kebutuhan siswa. Sayangnya, pembelajaran keterampilan tata boga bagi siswa autis di salah satu SMK inklusif di Kota Bandung belum disesuaikan sehingga prestasi belajar siswa tidak terlihat.

Penelitian ini berjenis research and development yang menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan program pembelajaran keterampilan tata boga bagi siswa autis di sekolah tersebut. Subjek penelitian adalah seorang siswa autis Kelas X, Jurusan Tata Boga.

Pengembangan program diawali dengan asesmen, analisis kurikulum, pembuatan program penyelarasan, kemudian pemembuatan program pembelajaran individual. Rencana pembelajaran fungsional dibuat untuk tiga mata pelajaran dasar: Sanitasi Hygine dan Keselamatan Kerja, Pengetahuan Bahan Makanan, dan Boga Dasar

Jurnal lengkap dapat diunduh di tautan Keterampilan Tata Boga Bagi Siswa Autis di SMK Inklusif Kota Bandung