Judul: Promoting Disability Rights In Indonesia: Proceedings of the 2nd Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education Editor: Dr. Arif Maftuhin ISBN: 978-623-94189-0-8 Penerbit: PLD Press, 2020 Jumlah Isi: xvii + 300 halaman
TEACHER ADAPTATION IN DEVELOPING COMPETENCIES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION UNIT WITH SPECIAL NEEDS M. Agung Hidayatulloh
INTRODUCING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE FOR AUTISM CHILDREN, WHY NOT? Aprilian Ria Adisti
THE USE OF FLASHCARDS TO IMPROVE COMMUNICATIONS ON USING PREPOSITIONS IN AUTISTIC CHILD Lilik Sriyanti, Uli Fatwati
ANALISIS ASESMEN PENDIDIKAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Deby Indriani Rahmawan
IMPLEMENTASI HABITUAL LEARNING UNTUK PENYANDANG DISABILITAS MENTAL DI PONDOK PESANTREN AINUL YAKIN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA Ahmad Ahnaf Rafif, In’amul Hasan
SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING FOR DISABLED STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL Widyastuti
THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS IN INCLUSIVE SCHOOL Fiola Indah Putri Pratama, Sunardi, Herry Widyastono, Agus Kristiyanto
MODEL PEMBELAJARAN UNTUK ANAK TUNARUNGU PADA MATA KULIAH TATA BUSANA Wahyu Eka Priana Sukmawaty
PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 10-13 DAN SURAT ABASA AYAT 1-10: Budi Agus Sumantri
DINAMIKA PERSEBARAN CRPD SEBAGAI NORMA HAM DISABILITAS DI INDONESIA Ramdan Lamato
EGALITARISME SOSIAL: Refleksi Kritis atas Moral-Compass Kebijakan Publik tentang Penyandang Disabilitas di Indonesia Pasca reformasi 1998 M. Rodinal Khair Khasri
RESPONSIF DISABILITAS: Prioritas Kebijakan dalam sebuah Manajemen di Indonesia Putri Maydi Arofatun Anhar
TANGGUNG JAWAB NEGARA DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN: Studi tentang Penerima PKH pada Kalangan Penyandang Disabilitas di Kota Surabaya Muvida Kartikasari, Bayu Priambodo
PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BONEKA BANTAL UNTUK ANAK DOWN SYNDROME DI DESA PANCIRO Shalsabila Ananda
DIFALITERA: Media Pengenalan Sastra Ramah Anak Tunanetra Ony Agustin Damayanti
PROSES OTHERING PADA PENYANDANG DISABILITAS DI KERATON YOGYAKARTA Aisyah Nur Amalia
AM I EXCLUDED BECAUSE I AM DISABLED? Pengaruh Ostracism terhadap Tingkat Kebutuhan Dasar Individu Penyandang Disabilitas Widyarta Mega Paramita, Unita Werdi Rahajeng, Slamet Thohari, Ersa Rizky Riyani, Puspita Kartikasari
Membangun Kampus Inklusif:Best Practices Penyelenggaran Unit Layanan Difabel Penulis: Ro’fah, Andyani, Muhrisun Penerbit: Pusat Studi dan Layanan Difabel Tahun terbit: Oktober, 2010 Versi Full Text PDF: http://bit.ly/waqf05uld
Jika buku pertama kemarin, Inklusi pada Pendidikan Tinggi, berbicara tentang penyelenggaraan pendidikan yang adaptif terhadap tunanetra, buku ini lebih berbicara tentang Unit Layanan Difabel, yaitu unit yang melayani difabel di kampus. Mengapa bukan Pusat Studi dan Layanan Difabel?
Judul Buku: Inklusi Pada Pendidikan Tinggi: Best Practices Pembelajaran Adaptif Bagi Mahasiswa Difabel Netra Penulis: Ro’fah, Andayani, Muhrisun Penerbit: PSLD UIN Sunan Kalijaga, Pertuni, dan ICEVI2010 Full Text PDF: http://bit.ly/waqf04inklusiPT
Tahun 2007, ketika kami mendirikan PSLD, sudah ada lebih dari 20 mahasiswa Tunanetra di UIN Sunan Kalijaga. Meski bukan difabel pertama yang kuliah di UIN, mereka adalah rombongan pertama UIN yang inklusif. mereka pula yang menjadi teman kami dalam mendirikan PLD. Pada saat kampus lain di Indonesia belum memikirkan pendidikan inklusif di perguruan tinggi, para difabel inilah yang menjadi guru kami semua tentang bagaimana merintis pendidikan tinggi yang inklusif.
Kemandirian vokasional siswa autis dapat tercapai apabila program pembelajaran keterampilan disusun berdasarkan potensi dan kebutuhan siswa. Sayangnya, pembelajaran keterampilan tata boga bagi siswa autis di salah satu SMK inklusif di Kota Bandung belum disesuaikan sehingga prestasi belajar siswa tidak terlihat.
Penelitian ini berjenis research and development yang menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan program pembelajaran keterampilan tata boga bagi siswa autis di sekolah tersebut. Subjek penelitian adalah seorang siswa autis Kelas X, Jurusan Tata Boga.
Pengembangan program diawali dengan asesmen, analisis kurikulum, pembuatan program penyelarasan, kemudian pemembuatan program pembelajaran individual. Rencana pembelajaran fungsional dibuat untuk tiga mata pelajaran dasar: Sanitasi Hygine dan Keselamatan Kerja, Pengetahuan Bahan Makanan, dan Boga Dasar
Salah satu program PLD untuk membantu siswa penyandang disabilitas dalam mengakses pasar kerja adalah magang. PLD bekerja dengan pihak-pihak, publik dan swasta, untuk mempersiapkan para siswa untuk karir masa depan mereka.
Kalau terjadi bencana, apa yang akan terjadi dengan para difabel? Bagaimana menyelamatkan mereka? Aplikasi ini bisa menjadi salah satu solusinya. Artikel penutup Jurnal Inklusi edisi 2019.
Enam universitas di Indonesia yang tergabung di program ‘Indoeduc4all’ mendorong perguruan tinggi lain menyediakan dan meningkatkan kualitas pendidikan inklusi bagi para disabilitas. Enam perguruan tinggi ini akan menjadi mentor dan model percontohan.