Panduan Good Practices INDOEDUC4ALL

Dokumen ini merupakan hasil dari WP1 dan bertujuan untuk menyajikan praktik-praktik baik yang diidentifikasi dari kunjungan situs di negara-negara mitra Eropa dan pengalaman Universitas Indonesia sejauh ini. Ini adalah laporan kedua dalam WP1 “Analisis Kebutuhan & Transfer Know How“, yang menyelesaikannya, sebagai hasil dari analisis kebutuhan dan pengalaman yang diperoleh dari kunjungan lapangan, adalah dasar untuk mengidentifikasi praktik-praktik baik yang termasuk dalam laporan ini .

Unduh panduan dari laman INDOEDUC4ALL

Budaya dan Disabilitas: Kebijakan dan Praktek di Asia dan Eropa

Budaya & Disabilitas: Kebijakan & Praktek di Asia dan Eropa, sebuah laporan oleh Jordi Balta Portoles, berfokus pada undang-undang, kebijakan, program, dan proyek yang ada di bidang budaya dan disabilitas di negara-negara yang merupakan bagian dari Pertemuan Asia-Eropa (ASEM ).

Unduh dokumen di laman Culture and Disability: Policies and Practices in Asia and Europe

Ini pertama kali dipresentasikan pada Seminar ASEM Informal ke-16 tentang Hak Asasi Manusia: Penyandang Cacat dan Hak Asasi Manusia (8-10 November 2016, Beijing, Cina), yang diselenggarakan bersama oleh Asia-Europe Foundation (ASEF); Raoul Wallenberg Institute (dinominasikan oleh Kementerian Luar Negeri, Swedia); Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional, Prancis; Departemen Luar Negeri, Filipina, Departemen Luar Negeri Federal, Swiss dan dituanrumahi oleh Kementerian Luar Negeri, Republik Rakyat Tiongkok.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran umum tentang langkah-langkah kebijakan yang inovatif dan studi kasus di bidang seni dan disabilitas di 2 wilayah. Fokus umumnya terletak pada tujuan dan kegiatan yang dinyatakan dalam undang-undang, kebijakan, dan program yang ada, dengan informasi tentang hasil aktual dan efektivitasnya yang hanya disajikan di tempat yang mudah diakses. Laporan ini juga menggambarkan berbagai bidang di mana tindakan dapat diadopsi, sehingga dapat memberikan inspirasi kepada para pemangku kepentingan di seluruh Asia dan Eropa dan sekitarnya.

Anisa, Difabel Tuna Rungu yang Berhasil Menjadi Sarjana

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, telah berhasil mewisuda sebanyak 1609 mahasiswa. Namun siapa sangka, dari jumlah tersebut enam di antaranya adalah mahasiswa difabel. Anisa Kusuma Wardani misalnya, satu diantara mahasiswa difabel yang memiliki semangat tinggi.

Meski memiliki keterbatasan secara fisik, namun ia membuktikan bahwa dirinya memiliki kemampuan yang sama serta memiliki segudang prestasi.

Berita dari https://www.youtube.com/watch?v=zadCNuZkMm4&feature=youtu.be

Pelatihan Teknologi Bantu

Universitas Indonesia, sebagai bagian dari Konsorsium Perguruan Tinggi Inklusif Indonesia (KOPERTINA), mengikuti pelatihan teknologi bantu yang diadakan di Universitat D’Alacant, Spanyol pada 16-20 September 2019. Pelatihan berjalan dengan lancar dan produktif, mulai dari diskusi mengenai KOPERTINA hingga belajar mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa dengan disabilitas.

(more…)

Beasiswa Australia Long Term Awards

Tujuan menyeluruh dari program pembangunan Australia adalah bermitra dengan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan inklusif dan pekerjaan yang produktif. Ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Indonesia melalui penguatan dampak dari sumber daya Indonesia sendiri. Beasiswa Australia Awards mendukung pengembangan manusia untuk masyarakat yang produktif dan sehat di Indonesia.  (more…)

Peresmian Pusat Mahasiswa Berkebutuhan Khusus UIN-JAKARTA

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN-JAKARTA) secara resmi meluncurkan Pusat Mahasiswa dengan Kebutuhan Khusus pada 15 Desember 2017. Layanan inovatif yang diterima dalam kerangka proyek INDOEDUC4ALL menempatkan UIN-JAKARTA di garis depan inklusif ikrar pendidikan tentang konteks Pendidikan Tinggi Indonesia. (more…)