Judul Buku: Inklusi Pada Pendidikan Tinggi: Best Practices Pembelajaran Adaptif Bagi Mahasiswa Difabel Netra
Penulis: Ro’fah, Andayani, Muhrisun
Penerbit: PSLD UIN Sunan Kalijaga, Pertuni, dan ICEVI2010
Full Text PDF: http://bit.ly/waqf04inklusiPT

Tahun 2007, ketika kami mendirikan PSLD, sudah ada lebih dari 20 mahasiswa Tunanetra di UIN Sunan Kalijaga. Meski bukan difabel pertama yang kuliah di UIN, mereka adalah rombongan pertama UIN yang inklusif.  mereka pula yang menjadi teman kami dalam mendirikan PLD. Pada saat kampus lain di Indonesia belum memikirkan pendidikan inklusif di perguruan tinggi, para difabel inilah yang menjadi guru kami semua tentang bagaimana merintis pendidikan tinggi yang inklusif.

Tanpa preseden, tanpa contoh untuk ditiru, kami belajar menjadi inklusif dengan trial and error (sampai sekarang juga begitu). Tidak ada ceritanya “siap dulu baru menerima mahasiswa difabel”. Ya, kami menerima difabel dan dari mereka kami belajar. Tidak takut gagal? Sama sekali tidak. Sebab, kalau belum pernah gagal, kapan akan berhasil? 
Tidak khawatir mengecewakan difabel dan orang tua mereka? Tentu saja khawatir. Tetapi kami lebih khawatir lagi bila mereka tidak pernah diberi kesempatan untuk mencoba. 

Tiga tahun kemudian, 2010, PSLD mendapat kepercayaan dari Pertuni dan ICEVI untuk membukukan pengalaman merintis pendidikan yang adaptif bagi tunanentra itu. Dengan dana dari ICEVI, buku ini pernah dicetak banyak. Setiap orang yang datang ke PSLD (sekarang PLD) kami beri. Lalu, buku itu habis pada waktunya.

Satu-satunya yang tersisa adalah yang saya simpan ini. Maka, agar buku dan karya ini tetap berguna bagi nusa dan bangsa, saya kemarin sempatkan me-scan buku ini dan mengubahnya dalam format PDF. Bukunya tidak akan kami cetak lagi. Tetapi sebagai buku pertama tentang pendidikan inklusif di perguruan tinggi, buku ini super langka dan harus dibaca oleh siapa saja yang ingin melihat pendidikan inklusif di Inodnesia.

Buku ini boleh dibajak agar para penulisnya dapat kiriman pahala. Full text PDF dapat diunduh di sini.